Intangible, Tangible dan Persepsi Warna

 Analisis Iklan IntangibleTangible dan Persepsi Warna


Intangible yaitu ide atau konsep yang sulit dan tidak mungkin untuk diungkapkan secara gambar atau visual. Ini bisa menjadi konsep abstrak yang sulit diterjemahkan ke dalam visual, seperti warna, bentuk, atau gambar. Dan sifatnya imajiner, tidak dapat disentuh, tidak dapat ditunjukkan secara terwujud. Dalam desain, beberapa cara untuk menggambarkan intangible adalah melalui simbolisme, metafora visual, atau penggunaan elemen desain yang kuat.

Tangible mempunyai arti berupa visual dari objek aslinya, wujudnya nyata menyerupai aslinya dan dapat dirasakan secara visual maupun material. Tangible merupakan unsur yang berangkat dari hal-hal visual serta spesifikasi atau karakter tertentu dari sebuah benda atau objek nyata.

Tangible terlihat dari suasana dan tampilan umum dari fasilitas fisik, kamar, restoran, peralatan komunikasi dan karyawan. Unsur tangible merupakan unsur yang berwujud, unsur itu dapat disentuh, dilihat, diraba, dan didengar. Dalam konteks desain interior, unsur tangible berupa titik, garis, pola, warna, cahaya, dan pola.

Persepsi Warna dalam Bahasa visual, merupakan aspek yang penting yaitu  mempunyai pengaruh terhadap psikologis manusia. Sehingga dalam menciptakan sebuah karya visual perlu dipikirkan dengan baik, agar karya itu bisa memberikan efek tertentu kepada penerima pesan. 


1. Iklan Display es krim "Mcflurry Hershey" Mcdonald's




Pada iklan display eskrim Mcd ini visual yang dapat kita lihat adalah terdapat dua buah es krim yang ditampilkan dengan masing-masing varian yang berbeda, hal ini masuk ke dalam kategori dari tangible, karena es krim yang terlihat pada iklan itu memberikan sebuah bentuk dan wujud yang jelas yaitu es krim vanila dengan campuran sirup coklat diberi topping Crunchy dan yang berikutnya disajikan dengan topping Choco Crunch. Lalu dalam pemilihan warna kembali lagi dengan warna yang sama yaitu coklat dan putih, warna yang lebih mendominasi itu coklat yang sangat cocok dengan tampilan es krim dan warna ini merupakan warna yang melambangkan rasa manis dan lezat menjadikan kesan yang hangat, manis, serta setia.


2. Iklan Display "Pop Mie"



Pada iklan Display tersebut, visual yang digambarkan adalah terdapat lima buah Pop Mie dengan masing-masing varian yang berbeda. Hal ini dapat dikategorikan sebagai tangible, karena kita dapat melihat wujud dari produknya. Namun, terdapat kalimat "Perut kosong tapi stuck di kota?" " Seruput Pop Mie biar mandek jadi mantul  cuss lanjut!" hal ini dapat dikategorikan sebagai intangible karena tidak dapat memastikan produk tersebut selalu tersedia disekitar dan belum tentu kta menyediakan.

Dalam pemilihan warna yang dapat kita lihat terdapat warna merah, biru, dan kuning, warna yang mendominasi yaitu biru dan kuning karena warna tersebut memberi kesan yang ceria dan murah.


3. Iklan Le Mineral "Anugerah Minaral Alami" Di MRT Jakarta


Dalam iklan ini, visual yang ditampilkan adalah pegunungan, tetesan air dan tulisan Le Mineral yang berada ditengah gambar tetesan air. Hal ini dapat dikategorikan sebagai tangible, karena dapat melihat wujud yang memrepresentasikan dari Anugrah Mineral yang alami berasal dari penggunungan maksud dari iklan tersebut. Persepsi warna yang mendominasi yaitu warna biru karena biru membuat kesan yang segar dan bersih.


4. Iklan Shopee



Dalam iklan ini, visual yang ditampilkan adalah seorang perempuan yang memakai alat electronik yaitu earphone. Hal ini dikategorikan sebagai tangible, karena terdapat wujud dari figur yang menjadi acuan produk electronic yang diperjualkan. Persepsi warna yang didominasikan adalah warna orange, yang berarti menggambarkan ambisi dan kehangatan.


5. Iklan Telkomsel



Dalam iklan ini, visual yang ditampilkan adalah seorang lelaki dan perdana kartu Telkomsel, hal ini dapat dikategorikan sebagai tangible, karena terdapat wujud dari lelaki tersebut. Lalu, kalimat "Bonus isi ulang Setiap Hari" ini dapat dilihat sebagai intangible, karena yang divisualisasikan hanya seorang lelaki dan perdana kartunya.

Persepsi warna yang ditampilkan yaitu warna merah dan warna putih dari telkomsel yang melambangkan berani dan kejujuran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sensasi dan Persepsi

Kegagalan persepsi pada iklan "Campaign Bottlegate Brand Dove"